Senin, 02 Mei 2011

JENDELA ATMOSFER

Jendela atmosfer merupakan bagian-bagian spectrum elektromagnetik yang dapat melalui atmosfer dan mencapai permukaan bumi. Jendela atmosfer yang paling dulu dikenal orang dan paling banyak digunakan dalam pengindraan jauh hingga sekarang ialah spectrum tampak yang dibatasi oleh gelombang 0,4 µm hingga 0,7 µm.

Pada spectrum tampak dan perluasan jendela atmosfer berkisar antara panjang gelombang 0,3 µm hingga 0,9 µm yaitu dengan julat sebesar 0,6 µm. julat ini sebesar 10 kali pada panjang gelombang dan hingga 14 µm. julat jendela atmosfer pada spectrum gelombang mikro jauh lebih besar lagi.

Jendela atmosfer yang lain hingga panjang gelombang 14 µm ini terpencar pada bagian-bagian kecil. Jendela atmosfer yang relative besar terletak di sekitar panjang gelombang 4 µm , sedang yang terbesar terletak antara panjang gelombang 8 µm – 14 µm. dua jendela atmosfer itu termasuk spectrum inframerah termal.

Jendela atmosfer lain yang lebih besar yaitu spectrum gelombang mikro , yakni dari panjang gelombang 0,1 centimeter. Spectrum inilah yang digunakan dalam pengindraan jauh dengan system radar.


0 komentar:

Posting Komentar

  ©geograph education - Todos os direitos reservados.

Template by Dicas Blogger | Topo